Jumat, 15 Juni 2012

Konsep Mobil Masa Depan ala Volkswagen

Banyak desainer yang mencoba menciptakan konsep mobil masa depan dengan bentuk yang futuristik, unik, dan memiliki segudang fitur yang tidak diberikan mobil konvensional. Contohnya, konsep The City Egg yang dikembangkan oleh Momasz Mikrut yang didesain khusus untuk satu penumpang. Konsep serupa banyak dikembangkan oleh desainer lain, salah satunya konsep mobil Volkswagen yang diikutsertakan dalam ajang “People’s Car Project” yang diadakan di China tahun lalu.

Konsep yang diberi nama Hover Car ini jauh lebih canggih dari The City Egg. Mengapa? Karena mobil ini tidak berjalan di jalanan layaknya mobil pada umumnya, melainkan mengambang! Jika Anda membayangkan bahwa mobil ini didesain seperti dengan mobil DeLorean yang ada di film Back to the Future, saya bisa mengatakan bahwa ini jauh lebih keren! Mobil berpenumpang dua ini memiliki bentuk yang sangat futuristik dan tidak biasa: bundar layaknya roda dengan “ekor” mungil di bagian belakang. Dari video CGI yang dibuat khusus untuk menjelaskan cara kerja mobil ini, mobil ini dikendalikan dengan cara yang sangat sederhana yang mengandalkan satu tombol untuk menyalakannya dan sebuah tuas yang dapat digerakkan ke kanan, kiri, depan, dan belakang. Sesaat setelah mobil ini dinyalakan, ia akan mengangkat diri dan mengambang setinggi dua kaki dan akan bergerak sesuai jalur elektromagnetiknya (mobil ini digerakkan menggunakan daya elektromagnetik yang ditanamkan di bawah tanah).

Salah satu kelebihan mobil ini adalah kemampuannya untuk mendeteksi hambatan atau bahaya yang mendekat. Menggunakan sensor yang ditanamkan di sistem kendalinya, mobil ini akan secara otomatis mengurangi kecepatannya saat mencurigai adanya bahaya di sekitarnya. Jadi, risiko kecelakaan dapat diminimalisasi. Mobil ini juga dapat bergerak secara otomatis ketika diatur ke mode auto.

Konsep ini diajukan bersamaan dengan 119.000 ide lainnya, seperti Smart Key dan Music Car.

Bagaimana menurut Anda dengan konsep yang satu ini? Apakah Volkswagen akan benar-benar mewujudkan “mobil terbang” di masa depan?

1 comments: