Rabu, 01 April 2009

Andrea Hirata vs Pembajak

k
Laskar Pelangi. Keprihatinan menyangkut maraknya tindak pembajakan bukan hanya milik para pekerja musik dan film saja kini. Sebab, novelis pun rupanya tak luput menjadi korban dari jenis tindak kejahatan itu Dan Andrea Hirata a.k.a Bang IkaL, penulis tetralogi Laskar Pelangi adalah salah satunya.

“Lebih lucu lagi Novel yang ke-4 Maryamah Karpov, belum terbit saja sudah ada. Jadi sudah ada orang-orang yang mengarang-ngarang. Pembajakan yang paling cerdas adalah Surabaya. Sebab bajakan dari novel Maryamah Karpov lebih bagus dari aslinya, dan yang pasti harganya lebih murah.” kata Bang IkaL dalam surat kabar Solopos.

Kelihatannya kondisi ini menyebabkan Bang IkaL menjadi ragu-ragu, apakah akan menerbitkan novel kedua Maryamah Karpov, seperti yang di lansir dalam surat kabar tsb. Kelihatannya Bang Ikal kecewa berat dengan banyaknya pembajakan pada bukunya.

Menurutku jika Bang Ikal terlalu berorientasi pada profit mendingan novel Maryamah Karpov bagian 2 tidak usah diterbitkan saja, karena pasti royalti yang Bang Ikal terima atas buku tsb banyak berkurang karena pembajakan-pembajakan tsb.

Di Blog ini pun juga terdapat bajak-an dalam bentuk ebook tetralogi Laskar Pelangi, akan tetapi aku sarankan bagi teman-teman yang telah download juga membeli bukunya sebagai koleksi. Bagi yang di Surabaya pasti tahu dimana mendapatkan yang lebih murah dan lebih bagus (halah)

Saya juga mahfum dengan mahalnya hobi membaca karena harga buku buku yang sangat mahal. Termasuk juga novel Laskar Pelangi yang dijual dengan harga selangit. Sebagai perbandingan, novel Laskar Pelangi yang soft cover dijual di toko-toko buku dengan harga Rp 69.000 sedangkan novel Dan Brown : Davinci Code yang tebalnya 2 kali lipat novel Laskar Pelangi (LP) dijual dengan harga yang hampir sama. Apa tidak terlalu mahal Bang?

Ada juga salah satu temanku anggota chatroom Laskar Pelangi yang sedang belajar di University Al-Azhar Mesir, bersyukur dengan adanya free ebook Laskar Pelangi karena di Kairo novel tsb tidak dijual.

Terlepas dari bajakan atau tidak, true story atau tidak, tetralogi novel Laskar Pelangi adalah adalah sebuah Masterpiece karya Andrea Hirata yang sarat nuansa yang Inspiratif, dan memperkaya koleksi sastra Indonesia, serta layak dibaca oleh seluruh rakyat Indonesia (kaya atau miskin) sebagai bacaan yang berkualitas.

Ganbatte Bang IkaL !!! ............Tetap Berkarya !!!

3 comments:

  1. Tapi klo beli bajakan (atau bajakan gratisan) tetep aja menyinggung dan menyakiti hati yang mempunyai karya :)

    Walau harus diakui, sebenarnya harganya cukup mahal. sementara harga cetaknya aja ndak semahal itu. dapet bocoran, yang bikin mahal itu distribusinya, bisa ambil bagian sampai 70% dari harga buku.

    Ikut Black Blog jg kan? good luck ya :D

    BalasHapus
  2. thankz macan a.k.a maria leonita :) kalo masalah bajak membajak sawah mah gw ahlinya hehehe...

    BalasHapus
  3. hu um.....
    mahalnya buku terbitan lokal bikin malay beli yang asli

    Apaan tu MK da jilid ke-2 toh? kayak Tersanjung 9,10,11,dll

    BalasHapus